• Search
  • Menu
Read Detail

Bimtek Kewirausahaan di BP4K

10:10 WIB | Friday, 04-July-2014

Pinrang, Sulsel

 

Badan Koordinasi Penyuluhan (Bakorluh) Provinsi Sulawesi Selatan bekerjasama dengan Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Pinrang  menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) kewirausahaan selama dua hari 10 Mei  dan 11 Mei lalu. Bimtek tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi penyuluh pertanian, perikanan dan penyuluh kehutanan di BP4K Pinrang.

 

Koordinator fungsional BP4K Pinrang, Suddin menjelaskan, Bimtek yang berlangsung dua hari itu diikuti oleh 120 orang penyuluh pertanian, perikanan dan kehutanan yang dibagi dalam dua angkatan. Setiap angkatan berlangsung selama satu hari di aula BP4K Pinrang.

 

Materi Bimtek yang disuguhkan kepada para penyuluh pertanian antara lain budidaya padi organik, panen dan pasca panennya. Untuk penyuluh kehutanan diberikan materi tentang teknik pengembangan hutan rakyat dan aneka hasil hutan kayu dan non kayu. Untuk penyuluh pertanian yang bergerak pada bidang peternakan diberikan materi tentang pengolahan limbah pertanian menjadi pupuk organik dan pembuatan pupuk bokasi.

 

Khusus untuk 27 orang penyuluh perikanan yang diundang hadir diberikan materi teknologi penangkapan ikan dengan menggunakan teknologi tepat guna yaitu cara menangkap udang dan ikan di tambak menggunakan jala lempar dan bagang perangkap. Selain teori  tentang cara penggunaan jala lembar yang disampaikan oleh penyuluh senior BP4K Pinrang, Muh. Basri, para peserta juga mendapat kesempatan praktek lapang di halaman kantor BP4K Pinrang. Melihat hasil praktek tentang cara membuang jala ternyata masih banyak penyuluh perikanan di Pinrang belum mahir melempar jala ikan dengan sempurna. Selain materi cara melempar jala para penyuluh perikanan juga diajari teknologi pembuatan ikan kering melalui penggaraman. Abdul Salam Atjo

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

Editor : Julianto