• Search
  • Menu
Read Detail

Mentan Ajak Promosikan Pangan Lokal

11:44 WIB | Thursday, 10-August-2017

“Mulai sekarang saya mengajak kepada seluruhnya, terutama karyawan Kementerian Pertanian dan organisasi wanita lainnya untuk mencintai serta mempromosikan produk lokal. Karena dengan produk lokal kita tidak kalah saing dengan produk dari negara lain.”

 

Demikian ajakan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman saat Festival Pangan Lokal dalam Menyemarakan Bulan Kemerdekaaan RI Ke-72 di Kantor Pusat Kementerian Pertanian, Jakarta (10/8).

 

Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Ke-72, Kementerian Pertanian menggelar Festival Pangan Lokal dengan tema ‘Tingkatkan Konsumsi Ragam Pangan Lokal Dukung Kemandirian Pangan’. Tema ini dipilih sebagai salah satu upaya sosialisasi percepatan diversifikasi pangan dan pola makan menu B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman) terhadap masyarakat luas.

 

Tujuan festival ini adalah mensosialisasikan program percepatan penganekaragaman pangan dengan menampilkan pangan lokal sebagai alternatif pangan sumber karbohidrat.  Sekaligus memperkenal potensi pangan lokal daerah kepada masyarakat luas.

 

Tujuan lainnya adalah mengangkat citra pangan lokal sebagai makanana yang dapat dikonsumsi pada semua lapisan masyarakat, mengenalkan dan membudayakan pola makan dengan menu B2SA. Dengan festival ini, Mentan berharap, gerakan diversifikasi pangan yang sudah sejak lama, lebih dimantapkan kembali.

 

Rangakaian acara Festival Pangan Lokal kali ini diawali dengan senam pagi bersama. Lalu dilanjutkan dengan berbagai perlombaan, salahsatunya adalah lomba minum susu. Pada saat mengunjungi para peserta lomba tumpeng, Amran berpesan untuk selalu mencintai produk dalam negeri. “Walaupun gempuran barang impor selalu datang, kita harus selalu mempromosikan dan mencintai produk dalam negeri,” ucap Amran.

 

Kampaya mengenai diversifikasi pangan bukan hanya dilaksanakan di Jakarta, tetapi di Bandung dan Makassar akan dilaksanakan pada awal September 2017. Selain itu, untuk mempercepat program diversifikasi pangan, Badan Ketahanan Pangan (BKP) melalui Pusat Penganekaragaman Konsumsi Pangan dan Peningkatan Keamanan Pangan Segar telah melakukan beberapa program aksi.

 

Diantaranya, optimalisasi pemanfaatan pekarangan melalui konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), Model Pengembangan Pangan Pokok Lokal (MP3L), dan sosialisasi serta promosi melalui Gerakan Diversifikasi Pangan. Cla/Yul

 

Editor : Yulianto