• Search
  • Menu
Read Detail

HKTI Meminta Pemerintah Segera Merealisasikan Badan Pangan Nasional

14:19 WIB | Friday, 07-July-2017

Halal Bihalal HKTI di Kantor Pusat Kementerian Pertanian dihadiri sejumlah tokoh pertanian tingkat nasional

Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Fadli Zon meminta agar pemerintah segera merealisasikan Badan Pangan Nasional yang sudah diamanahkan UU N0.18 Tahun 2012 tentang Pangan.

 

 

 

Kalau Badan Pangan Nasional  ini direalisasikan,   akan mudah dilakukan koordinasi antara Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian PUPR dalam  menyelesaikan persoalan persoalan yang seringkali terkait  dan saling mengandalkan antara instusi satu dan lainnya.

 

 

 

“ Persoalan itu seringkali sudah diketahui tetapi kadangkala siapa yang harus mengeksekusi itu saling mengandalkan,” tambah Fadli Zon saat halal bihal HKTI di Kanpus Kementan Jakarta . Menurutnya, persoalan pangan adalah persoalan besar yang memerlukan koordinasi dari sejumlah kementerian dan lembaga.

 

Dalam tiga tahun terakhir, menurutnya Kementerian Pertanian bekerja dengan baik dan   laporan laporan statistik pertanian pangan  menandakan optimisme. Saya kira kita harus optimis. Walaupun optimisme itu mestinya ditunjang oleh kenyataan di lapangan.

 

“Misalnya untuk jagung, persoalannya tidak ada pengering, sehingga sulit bagi petani untuk mendapatkan harga yang layak.  Dari segi petani saya kira masih banyak kesulitan kesulitan yang dialami para petani meskipun ada sejumlah program yang dianggap bagus. Seharusnya pemerintah segera membentuk badan pangan yang merupakan amanah UU yang sudah ditetapkan beberapa tahun yang lalu tetapi belum direalisasikan,” tambah Fadli Zon. Som

 

 

Editor : Pimpinan Redaksi