• Search
  • Menu
Read Detail

Bimtek Pengurus Kelembagaan Ekonomi Petani

10:58 WIB | Wednesday, 14-June-2017

Kementerian Pertanian memberikan bimbingan teknis (bimtek) kepada sejumlah pengurus kelembagaan ekonomi petani guna dapat mengoptimalkan perannya dalam mendukung kegiatan pembangunan pertanian yang berimplikasi pada peningkatan pendapatan petani.

 

Diselenggarakan oleh Pusat Penyuluhan Pertanian Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) bimtek dilaksanakan bagi para pengurus lembaga ekonomi petani di 71 kabupaten dari 14 provinsi, berlangsung pada 13-15 Juni 2017 di Bogor.

 

Melalui kegiatan ini, wawasan serta skill pengurus ditingkatkan agar bisa menumbuhkembangkan usaha kelompok. Dengan adanya bimtek diharapkan terbuka juga peluang bagi peserta untuk mengembangkan jejaring usaha.

 

Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian yang juga Plt. Kepala BPPSDMP, Hari Priyono dalam pengarahannya mengemukakan, adanya kegiatan bimtek diharapkan dapat memberikan motivasi, membangkitkan semangat serta kreativitas dari pelaku/pengurus kelembagaan ekonomi pertanian. 

 

Seperti diketahui, begitu banyak kegiatan usaha di bidang pangan yang bisa dikelola sendiri oleh lembaga ekonomi di desa dan usaha tersebut sangat menjanjikan di masa depan. 

 

"Peserta bimtek hendaknya bisa menjadi contoh dan menularkan ilmu yang diperoleh di sini kepada petani atau pengurus kelompok ekonomi sejenis di desanya," tuturnya.

 

Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian, Fathan A. Rasyid mengatakan, kelembagaan ekonomi di tingkat petani baik yang berbentuk koperasi, Bumdes, lembaga ekonomi mikro agribisnis atau Gapoktan merupakan sarana untuk menanggulangi kemiskinan.

 

Lembaga ekonomi pertanian pun bisa menjadi penyelesai berbagai masalah pertanian, mulai dari pengadaan pasar, pengadaan sarana prasarana produksi (saprodi), hingga akses permodalan.

 

"Bisnis pangan dan pertanian itu jika dikelola dengan benar bisa bernilai milyaran rupiah. Karena itu peran pengurus di sini sangat besar," tandas Fathan. Gsh/Ira