• Search
  • Menu
Read Detail

Pengendalian Busuk Pangkal Batang Pada Lada

10:42 WIB | Thursday, 08-June-2017

Pertanyaan :

 

Assalamualaikum pengasuh rubrik Klinik Tani Tabloid Sinar Tani. Saya ingin menanyakan, mengapa bisa terjadi daun lada menguning dan tiba-tiba menjadi gosong padahal masih banyak turun hujan ?

 

Kalau memang terkena penyakit, jenis obat apa yang pas digunakan untuk dapat mengurangi gejala tersebut. Atas perhatian dan jawaban yang diberikan diucapkan terima kasih.

 

Petani Lada Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah

 

 

 

Jawaban

 

Terima kasih atas pertanyaan yang diajukan kepada kami. Memperhatikan gejala pada daun tanaman yang Bpk/Ibu sebutkan tanaman tersebut tampaknya telah terserang penyakit tertentu.

 

Seperti yang telah dipublikasikan oleh Pusat Penelitian Tanaman Perkebunan (Puslitbun), penyakit yang paling sering menyerang tanaman lada di perkebunan rakyat adalah penyakit busuk pangkal batang (BPB) yang disebabkan oleh jamur Phytophthora capsici.

 

Penyakit ini tergolong berbahaya dan paling merugikan petani lada. Serangan penyakit busuk pangkal batang dapat menyebabkan kerugian 10-15% per tahun.  Penyakit ini biasanya menyerang bagian pangkal batang dan akar. Namun dalam keadaan tertentu dapat juga menyerang bagian daun, cabang dan buah.

 

Infeksi pada bagian pangkal batang biasanya terjadi kurang lebih setinggi 30-35 cm dari permukaan tanah. Serangan yang membahayakan apabila terjadi pada pangkal batang atau akar karena menyebabkan kematian tanaman dengan cepat.

 

Gejala serangan dini sulit diketahui, gejala yang nampak yaitu kelayuan tanaman menunjukkan serangan telah lanjut. Pangkal batang yang terserang menjadi berwarna hitam; pada keadaan lembab akan nampak lendir yang berwarna kebiruan di permukaannya dan akhirnya kematian tanaman.

 

Serangan pada daun akan menyebabkan gejala bercak daun pada bagian tengah atau tepi daun. Sepanjang tepi bercak tersebut bagian gejala berwarna hitam bergerigi seperti renda yang akan nampak jelas bila gejala masih segar; bagian tersebut tidak nampak apabila daun telah mengering atau pada gejala lanjut.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066