• Search
  • Menu
Read Detail

Dua Abad Kebun Raya Bogor Tetap Jadi Acuan Penelitian Botani

09:18 WIB | Wednesday, 31-May-2017

Kebun Raya Bogor (KRB) baru saja merayakan hari jadinya yang 200 tahun. Hingga di usia dua abad KRB tetap menjadi acuan penelitian botani sekaligus pusat konservasi ex-situ tumbuhan terbesar di Indonesia.

 

Dengan luas area sekitar 87 hektar, Kebun Raya Bogor memiliki koleksi tumbuhan hingga 12.531 spesimen, yang dikelompokkan ke dalam 3.228 jenis, 1.210 marga, dan 214 suku. Pada 18 Mei 2017 usia kebun raya di kota hujan tersebut menginjak 200 tahun. Keberadaannya tetap penting bagi benteng terakhir penyelamatan botani di negeri ini.

 

Kepala Lembaga Penelitian (LIPI), Iskandar Zulkarnain mengungkapkan, Kebun Raya Bogor setidaknya memiliki lima fungsi utama yang memberi manfaat bagi kehidupan masyarakat secara luas. “Kelima fungsi ini adalah sebagai tempat konservasi tumbuhan, penelitian, pendidikan lingkungan, wisata, dan jasa lingkungan. Bahkan, juga berkontribusi dalam perekonomian masyarakat sekitar,” katanya.

 

Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) Kebun Raya LIPI, Didik Widyatmoko menambahkan, Kebun Raya Bogor juga merupakan paru-paru kota dan lumbung air bagi wilayah di sekitarnya. Fungsi lainnya adalah lokasi strategis bagi masyarakat untuk berekreasi. Dalam tiga tahun ke belakang, Kebun Raya Bogor sudah disambangi di atas 1 juta pengunjung tiap tahunnya.

 

Acara seremonial 200 Tahun Kebun Raya Bogor diisi Peresmian Tugu Prasasti Rafflesia Padma dan beberapa penandatanganan MoU, dihadiri sejumlah tokoh ternama seperti Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Menteri Kominfo Rudiantara, Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto, beberapa kedubes, serta sejumlah bupati yang wilayahnya tergabung di dalam Kebun Raya Indonesia.

 

Pada kesempatan itu dilaksanakan peluncuran lima buku terkait kegiatan konservasi di Indonesia. Digelar pula kegiatan ekspo serta pameran hasil-hasil riset dan lomba lari dari 5 km hingga 200 km. Gsh/Ira

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066