• Search
  • Menu
Read Detail

Teknik Budidaya Jagung Ketan

08:55 WIB | Wednesday, 31-May-2017

Pertanyaan :

 

Saya seorang petani padi dan palawija yang juga kerap mengusahakan pertanaman jagung. Saya membaca dari Sinar Tani ada varietas jagung yang disebut jagung ketan dengan biji berwarna putih dan rasanya seperti ketan.

 

Yang jadi pertanyaan saya, apakah jagung ketan itu bisa ditanam di segala tempat? bagaimana teknis budidayanya dan kalau saya ingin mengetahui lebih jauh mengenai benih jagung ketan, saya harus kontak ke perusahaan mana? Atas jawaban yang diberikan diucapkan terima kasih.

 

Mashudi, Temanggung

 

 

 

Jawaban :

 

Guna memenuhi keinginan masyarakat akan alternatif jenis jagung manis di pasaran maka belakangan telah diciptakan varietas unggul jagung ketan atau jagung putih yang lebih popular disebut “jagung pulut”. Dinamakan jagung ketan karena tekstur dan rasanya menyerupai beras ketan.

 

Sebagai komoditas yang relatif baru, memang jagung ketan belum merata dibudidayakan oleh petani di tanah air. Petani di sebagian daerah Nusa Tenggara Barat (NTB), Sulawesi Selatan dan Provinsi Maluku diketahui sudah mengusahakan pertanaman jagung ketan ini.

 

Institusi Balai Penelitian Tanaman Serealia Kementerian Pertanian sejauh ini juga sudah menghasilkan varietas jagung putih unggul yakni jagung MS-2 dan Jagung Srikandi Putih. Dibandingkan dengan varietas lokal yang produktivitasnya hanya di kisaran 2 ton per ha, jagung putih unggul yang dihasilkan pemerintah tersebut produktivitasnya jauh lebih tinggi.

 

Jagung putih MS-2 memiliki sifat unggul toleran terhadap kondisi kekeringan, tahan rebah dan umur panen di kisaran 95-100 hari dengan potensi hasil panen mencapai 7,6 ton per ha. Jenis jagung putih ini umumnya ditanam di dataran tinggi.

 

Tak hanya lembaga penelitian milik pemerintah yang telah memproduksi jenis jagung putih/jagung ketan. Produsen benih nasional seperti PT Agri Makmur Pertiwi juga telah melepas varietas jagung ketan hibrida F1 “Arumba” yang memiliki potensi hasil mencapai 11 ton per ha.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066