• Search
  • Menu
Read Detail

Sidak untuk Pantau Stok Daging Jelang Ramadhan

14:31 WIB | Tuesday, 30-May-2017

Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian beserta anggota Tim Satgas Pangan aktif melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah Rumah Potong Hewan (RPH) untuk memastikan ketersediaan stok daging sapi menjelang tibanya bulan suci Ramadhan.

 

Tepatnya pada tanggal 15 Mei 2017 kegiatan sidak mulai dilaksanakan Dirjen PKH, I Ketut Diarmita dengan aparat Polri dan Kementerian Perdagangan ke RPH Semanan Pintu Air di kawasan Cengkareng.

 

Di lokasi RPH tersebut Dirjen beserta rombongan di samping menyaksikan langsung aktivitas pemotongan ternak sapi juga berkesempatan berbincang-bincang dengan pimpinan dan staf pengelola RPH guna mengecek kondisi suplai dan demand daging sapi dari dan ke RPH bersangkutan.

 

Sidak berikutnya dilaksanakan pada 19 Mei 2017 ke lokasi RPH Ciroyom yang terletak di Kecamatan Cicendo Kota Bandung. Pada kesempatan itu Dirjen PKH didampingi Ketua KPPU Syarkawi Rauf, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Tjaya Widayanti, Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag Oke Nurwan serta Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung, EllyWasliah.

 

RPH Ciroyom merupakan RPH terbesar di Kota Bandung. Rata-rata penyembelihan ternak di RPH tersebut mencapai 20-35 sapi ex-impor (yang dipasok dari sejumlah Feedlotter yang berasal dari wilayah Provinsi Jawa Barat dan wilayah di luar Jabar) dan 2-5 ekor sapi lokal.

 

Dirjen PKH, I Ketut Diarmita mengemukakan bahwa sidak ke RPH dilakukan untuk mengetahui kondisi di lapangan terkait ketersediaan daging sapi khususnya menghadapi bulan Ramadhan dan lebaran 2017.

 

“Kami hanya ingin memastikan bahwa stok daging sapi di Kota Bandung ini aman, terutama di RPH-RPH yang merupakan tempat pemotongan sapi untuk kemudian diedarkan ke pasar-pasar,” kata Dirjen PKH.

 

Ketua KPPU Syarkawi Rauf mengatakan, biasanya menjelang puasa dan lebaran harga daging sapi di pasaran naik. Para pedagang beralasan harga dinaikkan karena minimnya distribusi daging sapi dari RPH dan feedlotter. “Karenanya melalui sidak ini kami ingin mengecek langsung ke RPH seberapa besar tingkat kelancaran pasokan sapi siap potong dari feedlotter ke RPH,” tegasnya. Ira/Humas PKH

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066