• Search
  • Menu
Read Detail

Teror Bom dan Petani

09:56 WIB | Tuesday, 30-May-2017

Belum lagi reda kehebohan dan keriuhan pasca proses pilkada, Jakarta kembali berguncang oleh ledakan bom. Beberapa orang tewas dan luka dalam peristiwa ini, sementara pelaku dipastikan ikut tewas karena ledakan itu.

 

Presiden Jokowi langsung memerintahkan pengusutan tuntas kasus ini dan mengajak semua rakyat untuk tidak takut terhadap teror apa pun. Masyarakat juga antusias menyambut ajakan untuk tidak takut pada teror dan menyatakan perlawanannya pada teror bentuk apapun.

 

Namun seperti selalu mengiringi peristiwa teror seperti ini, masyarakat langsung menuding pihak keamanan kecolongan atau terlambat mengantisipasi. Meskipun sudah ada bantahan resmi dari pihak keamanan, namun tudingan itu selalu saja muncul.

 

Oleh karena itu, masyarakat berharap deteksi dini terhadap potensi teror perlu diperkuat agar peristiwa serupa tidak terjadi lagi. Dalam bahasa awam, kita berharap gerak intelejen aparat bisa lebih intensif untuk mencegah terjadinya aksi teror.

 

Dalam kaitan dengan upaya deteksi dini terhadap ‘serangan’ musuh, kita semua sebenarnya bisa belajar pada para petani. Sejak lama para petani sebenarnya juga telah melakukan aktivitas intelijen ini untuk mencegah serangan musuh.

 

Mereka dengan kepekaan, kecermatan dan kecerdasan ‘khas petani’ mencoba melakukan deteksi dini terhadap berbagai ancaman dan gangguan yang akan menyerang lahan pertanian dan tanaman mereka. Mereka melakukan pengamatan hama dan penyakit untuk mencegah keganasan serangan tikus, wereng, sundep dan berbagai hama dan penyakit lainnya.

 

Mereka juga melakukan berbagai upaya pencegahan untuk melindungi tanaman dari serangan hama dan penyakit yang akan mendatangkan kerugian. Seperti polisi dan tentara, mereka juga membentengi diri dari serangan musuh melalui upaya penangkalan yang efektif. Bahkan mereka sering melakukan serangan terlebih dulu terhadap musuh sebelum musuh itu menyerang.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066