• Search
  • Menu
Read Detail

Beternak Ayam Tanpa Bau

10:23 WIB | Tuesday, 23-May-2017

Banyak yang enggan beternak ayam karena mengeluarkan bau yang kurang sedap. Namun aroma tidak sedap tersebut bisa dikurangi atau dihilangkan.

 

Bagaimana caranya? Penyuluh Pertanian Kabupaten Aceh Tenggara berhasil melakukan terobosan mengembangkan beternak unggas ramah lingkungan, bebas vaksin serta obat-obat kimia lainnya. Dengan herbal Leuser kI yakni ekstrak tumbuh-tumbuhan yang mengandung nutrisi, mineral dan vitamin, beternak ayam lebih menyenangkan.

 

“Pemberian asupan Herbal Leuser KI membuat daging unggas serta telur yang dihasilkan sehat, bersih, tekstur daging lembut dan tidak berbau amis,” kata Penyuluh Pertanian Kabupaten Aceh Tenggara, Aswinda.

 

Ia memaparkan, manfaat penggunaan Herbal Leuser KI yakni ramah lingkungan dan mudah dalam pemeliharaan. Selain itu, menurunkan tingkat stres unggas sehingga menurunkan tingkat kematian.

 

Manfaat lainnya, merangsang pertumbuhan, sehingga mempercepat masa panen, mengurangi bau tidak sedap pada kotoran ayam (kotoran hampir tidak bau). Dengan berkurangnya kotoran ayam, serangga lalat pun akan berkurang.

 

Sementara itu pada ayam dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan berbagai penyakit yang diderita ungags. Unggas juga tidak mengalami stres terhadap bunyi dan dentuman suara yang keras seperti suara petir dan lainnya.

 

Pakan pun lebih hemat hingga 15-20% dari biasanya, efektif dan efisien dalam pemeliharaan, daging dan telur lebih aman dikonsumsi. Sedangkan daging dan telur yang dihasilkan tidak berbau amis, bersih dan lembut.

 

Kandungan Omega

 

Dari hasil pengujian daging ayam pada laboratorium, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Penelitian Pascapanen Pertanian daging ayam yang diberikan asupan Herbal Leuser KI mengandung Omega 3, Omega 6, Omega 9, DHA, EPA, AA, kadar protein tinggi, kadar lemak rendah, mengandung vitamin E.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066