• Search
  • Menu
Read Detail

BPK Dukung Program Kementan Tingkatkan Produksi Pangan

09:41 WIB | Tuesday, 23-May-2017

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kembali menegaskan mendukung peningkatan anggaran Kementerian Pertanian untuk meningkatkan produksi pangan. Termasuk juga program pemutakhiran data pertanian.

 

“Inilah yang dipegang BPK saat akan memeriksa penggunaan anggaran,” kata Ketua PAH IV BPK, Rizal Djalil dihadapan saat Kuliah Umum Pencapaian Program Pangan Dalam Rangka Nawacita di Universitas Padjajaran Bandung, beberapa waktu lalu.

 

Ketua PAH IV itu juga mengatakan, BPK akan mendukung peningkatan anggaran Kementerian Pertanian terkait peningkatan produksi pangan. Bahkan BPK berjanji untuk peningkatan pemutakhiran data pertanian untuk produksi, pihaknya siap membantu (anggaran) 10 kali lipat.

 

Rizal mengatakan, sebagai lembaga pemeriksa keuangan pemerintah, BPK memiliki kewenangan penyampaikan penggunaan anggaran atau tata kelola keuangan yang benar. “Dasar pemeriksaan kami adalah Undang-undang dan Peraturan Pemerintah,” ujarnya.

 

Seperti diketahui tugas utama Kementerian Pertanian dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015 - 2019 adalah peningkatan produktivitas pangan. Karena itu BPK akan mendukung peningkatan anggaran Kementan.

 

Terkait peningkatan produksi melalui pemutakhiran data, Rizal menambahkan, selama untuk peningkatan prioduksi, pihaknya juga siap membantu peningkatan anggaran hingga 10 kali lipat. “Sudah saatnya kita pun menggunakan teknologi untuk pemetaan wilayah potensi pengembangan pangan di Indonesia,” katanya.

 

Ajak Dekan PT

 

Sementara itu saat Forum Dekan Fakultas Pertanian di Bandung, Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman kembali mengajak dekan untuk bersatu, bersinergi untuk pembangunan pertanian. "Egoisme sektoral tidak boleh dipelihara untuk pembangunan pertanian, sehingga butuh sinergi,” kata dia di depan 30 dekan yang mewakili Forum Dekan Fakuktas Pertanian seluruh Indonesia di Universitas Padjadjaran Bandung.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066