• Search
  • Menu
Read Detail

Bunga Matahari Amankan Tanaman Padi dari Wereng

12:56 WIB | Monday, 22-May-2017

Pertanyaan :

 

Selamat siang Tabloid Sinar Tani, saya Warso petani padi dan pemerhati masalah pertanian. Belum lama ini saya membaca di Tabloid Sinar Tani mengenai pengendalian hama padi dengan cara-cara alami, salah satunya dengan pengembangan tanaman refugia seperti bunga matahari.

 

Saya ingin tahu, bagaimana cara penanaman bunga matahari agar efektif menjadi habitat dari musuh alami tanaman padi? Atas informasi dan perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

 

Warso Filah, Kabupaten Bogor

 

 

 

Jawaban :

 

Terima kasih telah menjadi pembaca setia Tabloid Sinar Tani. Memang benar, semua jenis hama tidak selalu harus dimusnahkan dengan pestisida. Hama bisa semakin meledak karena semakin kebal akan konsentrasi pestisida tertentu.

 

Karenanya, kunci dari penanganan hama adalah dengan mengendalikan agar jumlahnya tidak terlalu banyak dan merugikan tanaman inti, salah satu cara yang ditempuh adalah dengan menanam refugia sejenis bunga-bungaan yang menjadi habitat dari tumbuh dan berkembangnya predator alami dari hama tertentu.

 

Salah satu tanaman refugia yang mudah ditanam dan menjadi pilihan banyak petani adalah tanaman bunga matahari. Pemilihan bunga matahari sebagai refugia karena bunganya berwarna cerah yang dapat menarik serangga, mudah dibudidayakan, mudah dalam perbanyakan bibitnya dan bisa ditumpangsari dengan tanaman pematang lainnya.

 

Bunga matahari (Helianthus annus L) juga dapat menarik predator jenis Pirate bugs yang memangsa thrips, aphids, mites, scales, white flies dan beneficial nites yang memangsa thrips,spieder mite, fungus gnats.

 

Laba-laba merupakan hewan pemangsa (karnivora) yang memiliki sifat kanibal (saling memangsa). Sebagai musuh alami wereng, laba-laba (araneidae) bisa membuat jaring-jaring sutera yang ditempelkan di daun-daun dan juga ranting-ranting bunga matahari. Jaring ini berperekat (lengket), yang berguna untuk menjebak serangga hama dan serangga lainnya yang terbang yang kemudian laba-laba segera menghampiri dan menusukkan taringnya kepada serangga untuk melumpuhkan dan memasukkan enzim pencerna ke dalam tubuh mangsanya.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066