• Search
  • Menu
Read Detail

Jambore Varietas Hortikultura Hasilkan Cabai Juara

12:31 WIB | Monday, 22-May-2017

Sebagaimana di kegiatan PENAS terdahulu, pada perhelatan Penas XV di Aceh yang berlangsung 6-11 Mei 2017 telah dilaksanakan kegiatan Jambore Varietas Hortikultura. Salah satu hasilnya adalah ditetapkannya tiga varietas cabai keriting sebagai juaranya.

 

Menjadi bagian dari areal Gelar Teknologi (Geltek) pada kegiatan PENAS Aceh, hamparan pertanaman aneka jenis cabai dari berbagai varietas paling menarik perhatian pengunjung PENAS karena keberadaan buah cabainya yang sangat lebat.

 

Tanaman cabai rawit varietas “Maruti” yang terletak paling dekat dengan galangan tempat lalu lalang orang sepintas seperti tak berdaun karena terutup oleh rimbunnya buah cabai yang didominasi warna hijau muda dan oranye itu.

 

Di sudut lain, hamparan areal tanaman cabai keriting juga umumnya sudah menghasilkan buah yang sebagian warnanya telah menjadi merah merona. Di setiap larikan tercantum jelas nama varietas, detail spesifikasi serta nama perusahaan perbenihan produsen benih cabai bersangkutan.

 

Pemandu arena Geltek, Habibi, menjawab Sinar Tani mengemukakan bahwa deretan tanaman cabai yang penanaman dan penataannya dikerjasamakan dengan perusahaan anggota organisasi Asosiasi Perbenihan Indonesia (Asbenindo) semuanya diikutkan dalam kegiatan Jambore Varietas Hortikultura yang diselenggarakan Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian.

 

Setelah melalui proses penilaian oleh anggota tim juri, telah ditetapkan juara-juara baik untuk kategori varietas benih cabai keriting maupun cabai rawit. Cabai-cabai “juara” tersebut diberi tanda berupa pita warna warni berbentuk bunga.

 

Potensi Hasil Tinggi

 

Cabai-cabai yang berhasil menjadi yang terbaik kesemuanya mempunyai potensi hasil tinggi rata-rata di atas 10 ton per ha. “Dengan ada tanda khusus juara demikian kami berharap para petani yang hadir di acara PENAS kali ini bisa mengetahui mana-mana varietas cabai yang berpotensi bisa mendatangkan hasil panen yang tinggi. Jadi bisa menjadi petunjuk dalam memilih benih sebelum mereka mulai melaksanakan kegiatan budidaya cabai,” kata Habibi.

 

Khusus untuk varietas cabai keriting telah ditetapkan sebagai “Juara I” yakni Cabai Keriting F1 Laba CS yang benihnya diproduksi oleh PT East West Seed Indonesia. Sebagai Jura II Varietas Serambi diproduksi PT Agri Makmur Pertiwi dan Juara III Cabai Keriting Surya F1 yang benihnya diproduksi PT Mulia Bintang Utama.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066