• Search
  • Menu
Read Detail

Hasil Ganda Tumpang Sari Jagung dan Kedelai

11:36 WIB | Tuesday, 09-May-2017

Jagung dan kedelai ibarat komoditas yang saling bersaing dalam penggunaan lahan. Bagaikan teori sarung, jika bagian atas naik, maka bagian bawah akan berkurang. Begitu juga dengan dua komoditas pangan tersebut. Jika produksi jagung naik, maka kedelai pun berkurang. Sebaliknya demikian, jika produksi kedelai naik, jagung pun turun.

 

Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan sistem tumpang sari tanaman kedelai dan jagung. Dalam gelar teknologi pada ajang Pekan Nasinal (Penas) XV Petani Nelayan di Aceh, teknologi tumpang sari tersebut diperkenalkan kepada petani.

 

Ada kelebihan budidaya dengan tumpang sari jajar legowo tersebut. Misalnya, tingkat produktivitas jagung cenderung lebih tinggi, karena adanya pengaruh tanaman pinggir atau border. Ini berbeda dengan pertanaman baris tunggal (tanam biasa).

 

Selain itu, ruang kosong pada baris legowo dapat ditanami 2 baris tanaman kedelai, tanpa menurunkan produktivitas jagung. Dengan demikian terjadi peningkatan indeks penggunaan lahan. Pendapatan petani pun bertambah, karena selain panen jagung, petani juga bisa mendapatkan hasil dari kedelai.

 

Hasil penelitian menunjukkan kedelai yang ditanam antara tanaman jagung akan diperoleh 50% dari hasil kedelai yang ditanam sistem monokultur. Penanaman tanaman kedelai sebagai tumpangsari pada tanaman jagung dapat memperbaiki kesuburan lahan. Sebab, adanya fiksasi N dibanding sistem monokultur jagung.

 

Sistem tumpangsari jagung-kedelai menggunakan cara tanam legowo dapat diterapkan pada lahan sawah maupun lahan kering dengan tingkat kesuburan tanah dan ketersediaan sumber air yang cukup.

 

Dengan tumpang sari jajar legowo, bukan semata untuk meningkatkan hasil. Namun penerapannya diutamakan dan dikaitkan dengan upaya peningkatan indeks pertanaman (IP) jagung. Dengan peningkatan IP, hasil panen pun dapat meningkat dan pengelolaan lahan menjadi lebih produktif. Yul

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066