• Search
  • Menu
Read Detail

Mengoptimalkan Penggunaan Lahan dengan Mengatur Pola Tanam

09:26 WIB | Thursday, 20-April-2017

Untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan pertanian dengan segala keterbatasannya, para petani dapat melakukannya dengan mengatur pola tanam. Mengatur pola tanam dilakukan untuk meningkatkan pendapatan usaha tani dan mengurangi resiko kegagalan usahatani.

 

Apa itu Pola Tanam?

 

Pola tanam adalah usaha penanaman pada sebidang lahan dengan mengatur susunan tata letak dan tata urutan tanaman selama periode tertentu, termasuk masa pengolahan tanah dan masa tidak ditanami selama periode tertentu. Pengaturan pola tanam umumnya dalam kurun waktu satu tahun. Pengaturan pola tanam dilakukan dengan menyesuaikan waktu tanam dengan musim pada suatu sistem budidaya tanaman, umumnya disesuaikan dengan pola curah hujan atau ketersediaan air.

 

Pola tanam dalam usahatani mempunyai peranan yang sangat penting untuk meningkatkan pendapatan petani. Selain itu, pengaturan pola tanam juga dapat mempertahankan dan meningkatkan kelestarian sumber daya alam serta dapat meningkatkan produktivitas lahan dan pendapatan usahatani secara terus menerus, dan untuk menghindari resiko kegagalan.

 

Menyusun Pola Tanam

 

Dalam penyusunan pola tanam, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, di antaranya:

 

Kondisi Tanah

 

Keadaan tanah penting diperhatikan, mengingat setiap jenis tanaman menghendaki jenis, sifat dan tingkat kesuburan tertentu. Sebagai contoh, di tanah yang asam, sifat pH-nya rendah tidak cocok untuk jenis tanaman yang menghendaki tanah netral atau basa dan sebaliknya. Umumnya tanaman menghendaki tanah yang sifatnya netral. Kondisi tanah tersebut dapat dijadikan pertimbangan bagi petani apakah akan ditanam tanaman campuran atau tanaman giliran, serta jenis dan varietas yang sesuai dengan kondisi lahan.

 

Iklim dan Sumberdaya Air

 

Iklim dan air merupakan salah satu faktor teknis-biologis yang sangat penting bagi pertumbuhan tanaman. Tiap jenis tanaman menghendaki iklim dan tata pengairannya sendiri. Oleh karena itu penentuan jenis tanaman yang akan diusahakan harus memperhatikan kondisi iklim dan ketersediaan dan pengaturan sumberdaya air.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066