• Search
  • Menu
Read Detail

Air dan Harga Gabah Masih Jadi Persoalan Petani

16:13 WIB | Wednesday, 08-March-2017

Petani di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat masih mengeluhkan persoalan ketersediaan air dan harga jual gabah. Karena itu Pemda Kabupaten Indramayu meminta pemerintah untuk terjun turun tangan.

 

Kabupaten Indramayu selama ini menjadi salah satu lumbung pangan (padi) di Jawa Barat. Dengan luas areal sawah mencapai 118.513 ha, kabupaten yang terkenal dengan mangga tersebut menyokong produksi nasional sebanyak 1,7 juta ton gabah/tahun.

 

Wakil Bupati Indramayu, Supendi mengatakan, pembangunan pertanian di Kabupaten Indramayu dititikberatkan pada upaya intensifikasi usahatani padi di daerah-daerah berpengairan teknis. Selain itu pengembangan komoditas palawija atau sayuran di daerah-daerah sawah tadah hujan dan daerah non irigasi teknis.

 

Bahkan dia mengakui, Indramayu merupakan kabupaten yang masih mempunyai lahan pertanian yang cukup luas. Lahan sawah di Kabupaten Indramayu selama ini mendapatkan air dari dua sumber irigasi yaitu Daerah Irigasi Rentang dan Daerah Irigasi Jatiluhur. Untuk daerah Irigasi Jatiluhur meliputi Kecamatan Anjatan, Sukra, Patrol, Bongas, dan Kandanghaur serta Gabuswetan seluas 40 ribu ha.

 

Namun menurutnya, masih dijumpai berbagai permasalahan yang belum bisa pemerintah daerah selesaikan. Misalnya, jika airnya cukup petani dapat menanam padi, sebaliknya jika airnya kurang banyak lahan yang gagal panen.

 

“Apabila masalah teknologi peningkatan produksi itu gampang, ada penyuluh pertanian yang membimbing petani, tapi teknologi tidak akan mampu meningkatkan produksi manakala air untuk kehidupan tanaman tidak ada,” jelasnya.

 

Jadi lanjutnya, jangan heran saat musim hujan ada beberapa wilayah yang kekeringan. Ini terjadi karena curah hujan terbatas dan air irigasi yang ada kurang. Karena itu, Supendi berharap pemerintah pusat dapat membantu untuk membangun embung, memperbaiki jaringan irigasi, dan merehabilitasi bendung-bendung yang ada serta membangun long storage.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066