• Search
  • Menu
Read Detail

SUPRA-DIN, Menggandakan Pendapatan Kebun Sawit Rakyat

10:57 WIB | Monday, 20-February-2017

Integrasi tanaman kelapa sawit dengan ternak akan meningkatkan produktivitas tanaman, sekaligus memberikan tambahan pendapatan yang besar.

 

 Sistem Usahatani Perkebunan Rakyat secara Diversifikatif dan Integratif (SUPRA-DIN) contohnya adalah integrasi kebun sawit dengan ternak sapi. Dalam sistem ini dua komoditas atau lebih yang diusahakan oleh petani bisa memanfaatkan zat-zat makanan, sehingga antar komoditas tidak berkompetisi melainkan saling substitusi dalam memenuhi kebutuhan hara atau nutrisi sehingga terbentuk rantai ekosistem pemanfaatan zat-zat makanan secara tertutup.

 

Pengembangan pola SUPRA-DIN untuk pengembangan perkebunan rakyat, merupakan kelanjutan dan pengutuhan model pembangunan perkebunan rakyat yang telah dilakukan diintegrasikan dengan berbagai komoditas pertanian lainnya. Salah satu ciri umum sekaligus sebagai syarat mutlak terbentuknya pola SUPRA-DIN adalah terbentuknya keragaman (diversifikasi komoditas), serta adanya pola integratif sebagai ciri khas sekaligus faktor inti terbentuknya pola SUPRA-DIN. Pada perkebunan kelapa sawit tersedia limbah dan hasil samping yang dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak, sehingga pola SUPRA-DIN berbasis kelapa sawit pengembangannya dapat saling dilakukan dengan pengintegrasian ternak.

 

Tahapan Proses Penumbuhan Pola SUPRA-DIN

 

 Tahapan pengembangan pola SUPRA-DIN berbasis tanaman perkebunan:

 

  1. Pengembangan usahatani diversifikasi berbasis tanaman perkebunan, ditempuh dengan mengintegrasikan cabang usahatani pangan dan tanaman lain yang sesuai ke dalam usaha perkebunan rakyat yang sudah ada.
  2. Pengembangan pola integratif, ditempuh dengan mengintegrasikan cabang usahatani ternak ke dalam usahatani diversifikasi berbasis tanaman perkebunan rakyat yang sudah ada. Langkah pengembangan cabang usahatani ternak merupakan kunci menuju terbentuknya pola integratif.
  3. Pengembangan pemberdayaan kebersamaan ekonomi, ditempuh dengan pelatihan dan pendampingan terhadap petani dan kelembagaan ekonominya dari petani perkebunan rakyat peserta, agar pengembangan dapat berlangsung dalam suatu skala ekonomi kawasan.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066