• Search
  • Menu
Read Detail

Teknik Pertanian Modern dan Berkelanjutan

09:37 WIB | Monday, 13-February-2017

Untuk membangun kedaulatan pangan berbasis agribisnis kerakyatan selain dibutuhkan sumberdaya manusia yang andal, diperlukan pula alat dan mesin pertanian guna mempercepat pekerjaan, sehingga lebih efektif dan efesien.

 

Untuk percepatan peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai, serta komoditas strategis lainnya, Kementerian Pertanian terus berupaya memberikan kemudahan kepada petani untuk merubah cara bertani tradisional menuju pertanian berbasis teknologi maju/modern.

 

Salah satunya dengan menggelontorkan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) berupa Traktor, Rice Transplanter, Combine Harvester, Dryer, Power Thresher, Corn Sheller, Rice Miling Unit (RMU), dan Pompa air.

 

Dengan peralatan modern bertani tidak lagi identik dengan sesuatu yang kotor, petani bisa langsung mengolah lahan pertaniannya secara sempurna, modern, efektif dan efisien, sehingga dapat menarik minat para pemuda untuk terjun langsung ke lahan pertanian.

 

Tidak bisa dipungkiri praktek-praktek pertanian modern juga tidak terlepas dari penggunaan bahan-bahan kimia sintetis baik berupa pupuk, pestisida dan pendukung lainnya dengan tujuan untuk menyediakan unsur hara yang cukup bagi tumbuh-kembangnya tanaman, melindungi dari serangan hama/penyakit, meningkatkan produktivitas, dan memacu produksi semaksimal mungkin.

 

Bahaya Bahan Kimia

 

Maraknya penggunaan pupuk anorganik, pestisida, herbisida dan bahan-bahan kimia sintetis lainnya dalam praktek-praktek pertanian, serta intensifnya eksploitasi lahan dalam jangka panjang membawa konsekuensi berupa kerusakan lingkungan, tanah, air dan udara maupun makhluk hidup.

 

Penggunaan bahan-bahan kimia sintetis tersebut berimplikasi pada rusaknya struktur tanah, pencemaran lingkungan, keracunan, kematian makhluk hidup sebagai musuh alami hama, dan musnahnya mikroba tanah yang berimplikasi pada lahan pertanian kita dari hari ke hari menjadi semakin jenuh dan kritis.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066