• Search
  • Menu
Read Detail

Membuat Pangan Olahan Terong

11:33 WIB | Monday, 09-January-2017

Tanaman terong merupakan salah satu tanaman hortikultura yang biasa diolah untuk bahan baku sayur atau dapat dikonsumsi menjadi lalapan. Berdasarkan hasil inovasi yang dilakukan Peneliti Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Suryati dkk, kini masayarakat bisa mengolahnya menjadi alternatif makanan lainnya.

 

Misalnya membuat manisan terong. Manisan merupakan makanan ringan yang banyak disukai serta dikonsumsi semua kalangan mulai anak-anak sampai dewasa. Banyak sekali manfaat dan kelebihan yang terkandung dalam terong. Dengan mengolahnya menjadi manisan tentunya akan lebih disukai anak-anak, khususnya yang kurang menyukai sayuran. Di samping itu, pengolahan manisan terong juga bisa menjadi peluang usaha yang prospektif.

 

Untuk menghasilkan manisan terong yang bermutu tinggi, ada dua hal yang harus diperhatikan yaitu pemilihan bahan baku terong yang berkualitas serta pemberian konsentrat gula yang sesuai

 

Selain manisan, terong juga bisa diolah menjadi selai. Selai merupakan salah satu produk pangan yang cukup dikenal dan disukai masyarakat. Selai biasa dikonsumsi sebagai bahan tambahan untuk roti atau biasa disebut topping. FDA mendefinisikan selai sebagai produk olahan buah-buahan, baik berupa buah segar, buah beku, buah kaleng maupun campuran ketiganya dalam proporsi tertentu terhadap gula (sukrosa) dengan atau tanpa penambahan air.

 

Pemanfaatan terong dan tomat menjadi produk selai dapat mendatangkan keuntungan yang cukup besar. Penambahan terong pada selai tomat dapat meningkatkan rendemen sebesar 62,5% dan proses pemasakan pun menjadi lebih cepat. Selain itu, nilai tambah dari terong dan tomat pun meningkat dan dapat disimpan dalam waktu yang relatif lama.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

Editor : Ahmad Soim