• Search
  • Menu
Read Detail

Lahan Tidur dan 30 Ribu Embung

09:47 WIB | Monday, 09-January-2017

Masih banyak lahan pertanian yang belum digarap secara optimal. Terdapat sekitar 4 juta lahan tadah hujan di Indonesia, yang hanya panen 1 kali dalam satu tahun. Usai panen, lahan jutaan ha itu menjadi lahan tidur.

 

Saat menghadiri rapat kerja nasional pembangunan pertanian tahun 2017 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan (5/1), Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kolaborasi tiga kementerian bisa membangun 30 ribu embung. Embung-embung tersebut agar difungsikan untuk menampung air irigasi sehingga tanah tersebut paling tidak bisa panen 2 kali dalam setahun.

 

Mengotimalkan lahan tidur itu merupakan tema dalam Rapat Kerja Nasional Pembangunan Pertanian yang diselenggarakan Kementerian Pertanian. Tema lengkapnya adalah membangun lahan tidur untuk meningkatkan ekspor dengan pembangunan infrastruktur pertanian.

 

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan se-nusantara telah berhasil dibangun 3.700 embung. Namun demikian, Jokowi meminta ada pembangunan 30.000 embung lagi di tahun ini. Angka ini meningkat hingga 10 kali lipat dari jumlah embung yang sudah ada di Indonesia.

 

Pembangunan embung sebanyak 30.000 tersebut akan tersebar di berbagai daerah di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan irigasi pertanian. Menteri Pertanian, Menteri Desa, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) diharapkan bisa bersatu mewujudkan target tesebut.

 

Selama ini, pengelolaan air di Indonesia menurut Presiden masih kurang baik. Padahal air yang melimpah di musim hujan bisa ditampung dan kemudian digunakan saat musim kemarau di mana cadangan air menipis. Kita dianugerahi air melimpah tapi enggak di-manage dengan baik.

 

Selain embung, ifrastruktur lain yang diperlukan untuk bisa mengoptimalkan lahan-lahan tidur tersebut adalah jalan usaha tani, alat dan mesin pertanian (alsintan). Juga tidak kalah pentingnya adalah keberadaan penyuluh pertanian dan sistem penyuluhannya yang efektif.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066