• Search
  • Menu
Read Detail

Komitmen Daerah Harus Kuat Bangun Minapolitan

09:30 WIB | Monday, 09-January-2017

Mengapa komitmen daerah harus kuat untuk mengembangkan kawasan Minapolitan? Sebab, terbentuknya kawasan Minapolitan atas usulan pemerintah daerah (Pemda). Dengan demikian daerah yang dinyatakan sebagai kawasan minapolitan ada kelompok kerja (Pokja) yang dipimpin langsung oleh Sekda setempat.

 

“Pokja inilah yang melakukan koordinasi dengan dinas atau lembaga terkait. Karena itu, ada komitmen daerah, khususnya bupati dalam membuat RUTR,” kata Direktur Kawasan Budidaya, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Arik Hari Wibowo.

 

Daerah yang komitmennya kuat dalam mengembangkan kawasan minapolitan bisa dilihat dari pertumbuhan komoditi utama yang dikembangkan. Seperti di Tulung Agung, dengan komoditas lele dan ikan mas koki. “Di daerah ini ada kawasan lele dan ikan hias yang perdagangannya sudah sampai ke sejumlah pelosok tanah air,” katanya.

 

Kemudian, di Blitar dengan komoditas koi. Lantaran komoditas koi sangat menjanjikan, petani padi di daerah ini menyulap sawah untuk budidaya ikan hias koi. Sementara masyarakat Blitar juga mengandalkan ikan hias koi sebagai tumpuan kehidupannya.

 

Hal yang hampir sama juga terdapat di Boyolali, dengan komoditas ikan lele. Kemudian, di Banjarnegara dengan komoditas Gurame, dan di Bogor (Ciseeng) dengan komoditas lele. Sedangkan di kawasan Pati, akan kita kembangkan untuk budidaya bandeng. “Komoditas bandeng ini akan kita dorong pada tahun mendatang. Sebab, potensinya sudah ada seperti di Kec. Juwana. Pasarnya juga sudah terbentuk,” kata Arik.

 

Miliki Masterplan

 

Menurut Arik, lokasi yang hendak menjadi kawasan Minapolitan harus memiliki masterplan dan rencana umum tata ruang (RUTR) sesuai Rencana Program Investasi Jangka Menengah (RPIJM) masing-masing kabupaten/kota. Hal ini dimaksudkan agar pengembangan minapolitan di kawasan tersebut tak bertabrakan dengan kepentingan lain.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066