• Search
  • Menu
Read Detail

Kenalkan Budidaya Ikan pada Anak Sejak Dini

09:21 WIB | Monday, 09-January-2017

Ada pemandangan langka di Balai Benih Ikan (BBI) Lukup Badak, Pegasing, Aceh Tengah, beberapa waktu lalu. Puluhan anak usia 4-5 tahun berseragam putih kuning terlihat memenuhi pinggiran kolam-kolam pembibitan dan kolam induk yang ada di komplek BBI tersebut.

 

Ternyata pagi itu, BBI Lukup Badak kedatangan tamu istimewa yang terdiri dari murid-murid Taman Kanak Kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Bhayangkari Takengon, yang merupakan lembaga pendidikan TK/PAUD di bawah binaan Yayasan Bhayangkari Polres 107 Aceh Tengah.

 

Kedatangan anak-anak tersebut didampingi Kepala Sekolah, Maria Ulfa, SPd  dan beberapa guru. Tujuannya memperkenalkan budidaya ikan pada anak-anak usia dini tersebut. Meski agak terkejut menerima kedatangan tamu-tamu kecil tersebut, namun Kepala UPTD BBI Lukup Badak, Iwan Hasri, sangat antusias menerima tamu-tamu kecil itu.

 

Kepada anak-anak usia dini tersebut, Maria menjelaskan, ikan merupakan salah satu pangan sumber protein hewani yang sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. “Kami merasa perlu memperkenalkan berbagai jenis ikan dan cara budidayanya kepada anak-anak sejak dini, supaya mereka tahu bagaimana proses pemeliharaan ikan mulai dari bibit sampai bisa terhidang di meja makan,” katanya.

 

Sementara itu Iwan Hasri yang turun langsung mendampingi anak-anak tersebut berkeliling lokasi Balai Benih Ikan itu juga antusias menerangkan kepada anak-anak tentang berbagai jenis ikan yang ada di kolam BBI. Selain menunjukkan berbagai contoh jenis ikan hidup yang dikembangkan di BBI tersebut seperti Mujahir, Nila, Ikan Mas, Ikan Pedih (Gegaring/Hampala), dan sebagainya, Iwan juga mengajari anak-anak tersebut cara memberikan pakan kepada ikan-ikan yang ada di kolam itu.

 

Selain memperkenalkan jenis-jenis ikan yang ada di kolam BBI, Iwan memperlihatkan gambar-gambar ikan dan menjelaskan secara sederhana bagaimana membudidayakan ikan di kolam.

 

Bagi Kepala BBI yang merupakan alumni pasca sarjana IPB itu, kunjungan anak-anak TK dan PAUD tersebut sangat menggembirakan. Menurutnya, sejak usia dini anak-anak memang sudah harus diperkenalkan cara budidaya ikan. Apalagi  merupakan salah satu potensi di Kabupaten Aceh Tengah. “Kami bahagia dengan kedatangan tamu-tamu kecil, budidaya perikanan memang sangat perlu diperkenalkan kepada anak-anak sejak dini,” katanya.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066