• Search
  • Menu
Read Detail

Cara Alami Atasi Penyakit pada Tanaman Cabai

13:54 WIB | Thursday, 05-January-2017

Pertanyaan :

 

Sesuai imbauan pemerintah untuk memanfaatkan lahan pekarangan dengan tanaman sayuran, sudah setahun terakhir ini saya seorang ibu rumah tangga menanam banyak pohon cabai merah di pot-pot berukuran besar. Saya merasakan banyak manfaat yang diperoleh dengan memiliki tanaman cabai. Di samping bisa memenuhi sendiri kebutuhan cabai di rumah, saya mendapatkan cabai yang bebas pestisida karena saya sama sekali tidak menggunakan bahan kimia tersebut.

 

Namun belakangan ini beberapa tanaman cabai saya pucuk daunnya tampak menguning, lama kelamaan tanaman menjadi kerdil sehingga gagal menghasilkan bunga dan buah cabai. Yang saya tanyakan, tanaman saya itu terserang penyakit apa? Bagaimana cara pengendaliannya secara alami karena saya tetap ingin bisa menghasilkan buah cabai yang bebas pestisida. Atas penjelasan Sinar Tani diucapkan terima kasih.

 

Evi, Depok Jawa Barat

 

 

 

Jawaban :

 

Ibu sangat beruntung bisa menghasilkan cabai merah sendiri juga organik, sementara banyak ibu rumah tangga yang mengeluh ketika harga cabai melonjak di pasaran. Walaupun dipelihara di dalam pot, lalu ditempatkan di pekarangan rumah kalau jumlahnya banyak tentunya cukup bisa memenuhi kebutuhan dapur ibu.

 

Memang dalam kegiatan budidaya tanaman termasuk tanaman cabai merah, kadang gangguan hama dan penyakit datang tanpa bisa dihindari. Karena itu ibu harus rajin mengamati perkembangan tanaman setiap hari bila diinginkan tanaman ibu tumbuh dengan baik dan menghasilkan banyak buah cabai.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066