• Search
  • Menu
Read Detail

Gemerlap Aceh Menyambut 30 Ribu Peserta

09:51 WIB | Tuesday, 20-December-2016

Kota Banda Aceh telah berkembang menjadi kota besar yang ramai, aman dan menyenangkan. Ibukota Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) ini sudah siap menyambut kedatangan sekitar 30 ribu peserta Pekan Nasional Petani Nelayan XV Tahun 2017 yang direncanakan dilaksanakan pada 6-11 Mei 2017.

 

Stadion Harapan Bangsa di NAD yang menjadi pusat kegiatan Penas Petani Nelayan XV sangat besar dengan halaman dan prasarana beberapa gedung pertemuan. Ketua Umum Kontak Tani Nelayan Andalan Nasional (KTNA), Winarno Tohir mengatakan halaman stadion yang sangat luas cocok untuk tempat Pameran Pembangunan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan serta KTNA Expo.

 

Banyak gedung institusi pemerintah NAD berada di sekitar Stadion Harapan Bangsa, di antaranya adalah gedung kantor Badan Anti Narkotika Nasional (BNN) NAD, Badan Lembaga Administrasi Negara (LAN) NAD, dan Gedung SMK lengkap dengan hotel sekolahnya.

 

“Gedung-gedung itu memiliki ruang pertemuan yang cocok untuk penyelenggaran pertemuan-pertemuan yang akan diadakan Penas Petani Nelayan. Bahkan banyak gedung tersebut yang dilengkapi dengan ruang penginapan yang sekelas dengan hotel,” tambah Winarno Tohir ketika meninjau persiapan Penas di Aceh.

 

Lokasi Gelar Teknologi seluas 10 ha sudah telah disewa oleh Pemerintah Daerah NAD dan sebagian sudah ditanami. “Dalam lokasi gelar teknologi ini juga kita siapkan saung pertemuan,” kata Lukman, Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan NAD yang juga panitia daerah Penas XV di Aceh.

 

Zakaria Affan Ketua KTNA Aceh mengatakan sudah banyak daerah baik provinsi maupun kabupaten kota yang survey datang ke Aceh. “Mereka mencari tempat pemondokan peserta, hotel dan melihat kondisi stadion serta lingkungan sekitarnya,” jelas Zakaria.

 

Lukman menjelaskan meskipun Aceh adalah wilayah paling barat di Indonesia, namun bukan berarti jauh bagi peserta Penas. “Peserta dari mana dulu, banyak peserta yang justru lebih dekat dengan diselenggarakannya Penas di Aceh,” tambah Lukman.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066