• Search
  • Menu
Read Detail

Sistem Penyuluhan yang Efektif Pasca UU Pemerintahan Daerah

10:59 WIB | Monday, 07-November-2016

Oleh: Fathan A Rasyid – Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian

 

Tinggal sekitar 2 bulan lagi, kita memasuki tahun 2017. Tahun diberlakukannya UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang akan mengubah kelembagaan penyuluhan pertanian di daerah. Bagaimana sistem penyuluhan pertanian dijalankan agar efektif untuk menyukseskan upaya khusus Kementerian Pertanian, meningkatkan kesejahteraan petani dan menarik minat generasi muda?

 

Memasuki tahun 2017, sistem penyuluhan pertanian di Indonesia dihadapkan kepada beberapa tantangan yang tidak ringan. Pertama, anggaran untuk penyuluhan pertanian yang terbatas, karena ada pengurangan anggaran untuk penyuluhan.

 

Kedua, keterbatasan ketenagaan. Tenaga Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) masih kurang. Alhamdulillah, memasuki tahun 2017, akan ada tambahan PPL pegawai negeri sipil (PNS). Sesuai dengan perundang-undangan ASN No. 5 tahun 2013, tenaga harian lepas tenaga bantu penyuluh pertanian (THL TBPP) yang berusia kurang dari 35 tahun terhitung pada waktu mendaftar, diproses untuk menjadi PPL PNS. Mereka telah mengikuti seleksi melalui computer assisted test (CAT). Penilaiannya akan dikombinasikan dengan penilaian kerja selama yang bersangkutan menjadi penyuluh, khususnya dalam mengawal upsus, yakni capaiannya dalam meningkatkan luas tambah tanam, produktivitas, dan serapan gabah.

 

Terdapat 6.088 orang THL TBPP yang memunuhi syarat mengikuti tes ini, namun yang ikut tes ternyata hanya 6.065 orang. Ada 23 orang yang tidak ikut tes dengan alasan melahirkan, meninggal dan pergi ibadah haji. Hasilnya akan diumumkan oleh pejabat pembina kepegawaian dalam hal ini bupati atau walikota, karena ini adalah formasi daerah. Kita tunggu saja.

 

Sedangkan THL TBPP yang usianya di atas 35 tahun, mereka akan direkruit menjadi Aparat Negeri Sipil Pegawai Pemerintah dalam Perjanjian Kontrak (ASN P3K). Namun masih menunggu PP-nya dan Perpres yang menetapkan bahwa THL TBPP masuk dalam ASN P3K. Peraturan itu sedang dalam proses, kita tunggu saja. Bagi mereka dan yang tidak diterima seleksi PNS tetap disiapkan honornya.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066