• Search
  • Menu
Read Detail

BPPSDMP Gandeng KPK Cegah Korupsi dan Gratifikasi

16:54 WIB | Friday, 01-April-2016
Momon Rusmono

Momon Rusmono

 

 

Untuk mencegah secara dini terjadinya   penyimpangan-penyimpangan yang terstruktur dan penyalahgunaan wewenang yang berujung pada terjadinya korupsi dan gratifikasi,  Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDM Pertanian) menyelenggarakan Forum Apresaisi dan Penyuluhan Satuan Pelaksana Pengendalian Intern (Satlak PI) 2016 di Bogor (1/4).

 

Sekretaris BPPSDMP Pertanian Momon Rusmono mengatakan penyelenggaraan Forum SPI ini dimaksudkan   untuk memperkuat peran Satlak PI dalam melakukan pengendalian pelaksanaan program, kegiatan dan anggaran agar efektif dan efisien sebagai upaya pencegahan korupsi dan gratifikasi di lingkungan BPPSDMP.

 

Hadir dalam kegiatan ini mewakili KPK adalah Devi Risnawati, Fungsional Gratifikasi Direktorat Gratifikasi KPK.

 

Momon menjelaskan kegiatan ini tujukan untuk membangun komitmen bersama untuk memperkuat proses Management Control System pelaksanaan program, kegiatan dan anggaran BPPSDMP dan  menyamakan persepsi dan pemahaman untuk penyempurnaan pelaksanaan pengendalian dalam proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan di lingkungan BPPSDMP.

 

Dalam kegiatan ini juga disusun dan dispakati Standard Operasional Prosedur/SOP, titik kritis dan resiko yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan program dan kegiatan BPPSDMP, serta ditujukan untuk memotifasi mencegah melakukan korupsi dan gratifikasi di lingkungan BPPSDMP.

 

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah : 1) Komitmen memperkuat proses Managemen Control System pelaksanaan program, kegiatan dan anggaran BPPSDMP; 2) Rencana Kerja Tim satlak Pi BPPSDMP; 3) Standard Operasional Prosedur/SOP, penetapan program dan kegiatan BPPSDMP; 4) Meningkatkan kompetensi Ketua, Sekretaris dan Anggota Satlak PI di Lingkungan BPPSDMP; dan 5) Rencana sosialisasi Gerakan Pencegahan Korupsi dan Gratifikasi (GARDA) di Lingkungan BPPSDMP. Sehingga dapat berfungsinya SATLAK PI lingkup BPPSDMP serta diiringi dengan Meningkatnya kinerja, transparansi dan pengamanan aset negara di lingkup BPPSDMP dan diharapkan juga dapat berkurangnya jumlah kasus, jumlah kerugian negara serta jumlah sanksi yang diberikan. Som

 

 

 

Editor : Ahmad Soim