• Search
  • Menu
Read Detail

Pengawasan Distribusi Pupuk Subsidi Diperketat

17:16 WIB | Thursday, 27-June-2013

Keberadaan pupuk subsidi di lapangan ternyata masih menjadi problem petani. Dari hasil pantauan Sinar Tani saat kunjungan Menteri Pertanian, Suswono di sentra produksi padi di Pantai Utara Jawa Tengah, petani umumnya mengeluhkan keterlambatan pupuk subsidi.

 

Misalnya, petani di Desa Karangsari, Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon mengeluhkan pupuk bersubsidi yang selalu datang terlambat. Akibatnya pertumbuhan padi di satu hamparan tidak sama. Benih bersubsidi yang berkualitas rendahpun menjadi masalah yang sangat krusial.

 

Petani di Desa Sisalan, Kabupaten Brebes juga mengalami problem ketersediaan pupuk. Kasusnya hampir sama dengan di Cirebon, yaitu penyaluran pupuk subsidi ke petani tidak tepat waktu. Tapi jika pasokannya tersedia, harganya mahal. Petani di desa tersebut umumnya menanam bawang merah. 

 

Menanggapi keluhan petani terhadap kelangkaan pupuk, Menteri Pertanian, Suswono menyarankan agar para petani tidak tergantung dengan pupuk bersubsidi. ”Alangkah baiknya sedikit demi sedikit petani mulai beralih ke pupuk kompos atau kandang,” katanya saat pertemuan dengan petani.

 

Keluhan petani terhadap keberadaan pupuk subsidi memang menjadi rutinitas tahunan saat memasuki masa tanam. Padahal pemerintah telah mengalokasikan anggaran cukup besar untuk subsidi pupuk. “Selama ini masih banyak petani yang mengeluh sulit mendapatkan pupuk subsidi. Ini menjadi persoalan klasik yang terjadi tiap tahun, terutama saat musim tanam,” kata Suswono.

 

Untuk mengatasi salah sasaran distribusi pupuk, pemerintah menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk melakukan pengawasan. Tim Litbang KPK akan melakukan evaluasi terhadap penyaluran pupuk subsidi, termasuk Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK). KPK menganggap, seringnya petani mengeluhkan kelangkaan pupuk subsidi karena tidak ada kejelasan penanggung jawab RDKK.

 

Untuk informasi yang lebih lengkap baca EDISI CETAK TABLOID SINAR TANI

 

(berlangganan Tabloid SINAR TANI.  SMS ke : 081317575066)

Editor : Julianto